Rabu, 24 Oktober 2012

cara mendapatkan layanan e-mail

Ingin punya ratusan atau bahkan ribuan alamat email dengan nama domain sendiri tanpa harus memiliki server email? Ingin memberikan mailbox buat orang-orang terdekat? Atau membuka layanan email gratis untuk umum? Artikel ini merupakan bagian ke-dua dari 2 seri tulisan yang membahas bagaimana Anda dapat melakukan itu semua.
00-Webmail
Setelah proses registrasi yang dilakukan pada artikel bagian 1 selesai dilakukan, Anda dapat segera meng-administrasi layanan email gratis pada domain Anda. Berikut adalah proses lanjutan yang bisa Anda lakukan.
Administrasi Email di Domain
Setelah pendaftaran sukses dilakukan dan konfigurasi DNS telah di-update, Anda bisa login ke situs domains.live.com. Masuk ke menu Members Account yang terdapat di sisi kiri. Selanjutnya, Anda bisa membuat puluhan atau bahkan ratusan alamat email di domain yang telah didaftarkan.
06-member-accounts
07-Create-account
Sebagai layanan hosting email gratisan, Windows Live Domain saat ini hanya memberikan maksimum 500 buah alamat email per domain/subdomain yang kita daftarkan. Namun demikian, pada kondisi-kondisi tertentu melalui sebuah mekanisme, dimungkinkan untuk ‘membuka’ limitasi 500 buah mailbox tersebut. Dengan jumlah tersebut, Anda dapat menjadi 'pahlawan' yang membuat dan membagi-bagikan alamat email dengan nama organisasi atau bahkan nama keluarga (marga) sebagai nama domain email!
Semua account email yang telah dibuat bisa segera dipakai dengan cara membuka situs http://mail.live.com, login menggunakan alamat email yang telah dibuat (pada contoh gambar di atas, saya membuat email admin@live.zikri.com) dan password sesuai dengan yang telah dibuat (perhatikan pada gambar di atas, administrator bisa ‘memaksa’ user agar segera mengganti password pada saat login yang pertama kalinya).
Alamat-alamat email yang telah dibuat menggunakan Windows Live Domain ini juga langsung aktif sebagai Windows Live ID untuk pemiliknya. Sehingga, selain dapat mengakses email, alamat tersebut juga bisa dipakai untuk chatting menggunakan Windows Live Messenger, atau pun login di berbagai services Windows Live lainnya.
Fasilitas Mailbox
Semua mailbox yang dibuat melalui Windows Live Domain sebenarnya sama persis seperti email yang dibuat oleh pengguna Internet di layanan Hotmail (service ini sekarang dikenal dengan nama Windows Live Hotmail). Bedanya, jika user mendaftar langsung lewat situs hotmail.com, alamat email yang diperoleh adalah namauser@hotmail.com. Sedangkan pada Windows Live Domain, kita bisa menggunakan nama domain sendiri. Sehingga, semua fitur-fitur standar yang dimiliki oleh Windows Live Hotmail bisa dinikmati juga oleh user yang kita definisikan pada Windows Live Domain ini. Di antaranya adalah:
  • Kapasitas mailbox yang besar, mencapai 5GB per user.
  • Proteksi terhadap email sampah (junk email) menggunakan teknologi Microsoft SmartScreen.
  • Antivirus pada server email.
  • Integrasi dengan Windows Live Messenger dan semua aplikasi dan services yang menggunakan autentikasi berbasis Windows Live ID.
  • Akses berbasis webmail seperti halnya Hotmail, Yahoo Mail atau Gmail yang sudah populer.
Jika Anda atau user Anda menggunakan aplikasi Microsoft Outlook di komputernya, anda bisa men-download dan meng-install aplikasi Outlook Connector. Outlook Connector ini digunakan untuk meng-akses mailbox yang ada di Windows Live Domains menggunakan Microsoft Outlook. Dengan demikian, user tidak perlu selalu terhubung dengan Internet. Silahkan baca detilnya pada artikel di link ini.
Anda juga dapat menggunakan software gratis sebagai program pembaca email yang dapat men-download email-email yang ada di Windows Live Domain ini ke PC. Program gratis ini bernama Windows Live Mail. Silahkan baca detil mengenai Windows Live Mail pada artikel ini dan ini.
Pendaftaran Terbuka
Windows Live Domain mendukung open membership. Maksudnya, jika pada konfigurasi di atas saya mencontohkan proses pembuatan email secara manual (dilakukan oleh administrator domain), sebenarnya Anda bisa saja mengubah status implementasi email di domain yang sudah didaftarkan menjadi ‘terbuka’. Untuk mengubah status, setiap saat bisa dilakukan dengan cara masuk kembali ke situs administrasi di http://domains.live.com. Setelah login, anda akan melihat menu sign-up module yang berisi sintaks HTML yang bisa kita tambahkan pada halaman web yang kita inginkan. Modul ini juga bisa ditambahkan pada email sebagai undangan (invitation email).
08-sign-up-module
Co-Branding
Tampilan ‘Hotmail’ berdomain khusus milik Anda masih bisa dipercantik dengan mengaktifkan fitur co-branding. Dengan fitur ini, pemilik domain bisa meng-upload foto atau logo yang ditampilkan sebagai header pada webmail ‘Hotmail’ yang diakses oleh user. Dengan menambahkan logo, tentunya tampilan webmail menjadi terlihat lebih profesional dan pribadi (tidak terlihat seperti email gratisan).
 09-co-branding

Tidak ada komentar:

Posting Komentar